Thursday, August 7, 2008

LED Bisa Seterang Bohlam

. Thursday, August 7, 2008

Penggunaan LED (light emitting diode) sebagai alat penerangan belum bisa menggeser bohlam atau lampu neon (TL). Meski lebih efisien dalam mengonsumsi daya, kekuatan cahaya yang dipancarkan belum seterang bola lampu.

Namun, para ahli elektronika di Universitas Glasgow, Skotlandia sudah mengatasi masalah tersebut. Mereka menemukan cara membuat LED seterang bohlam. Bahkan, konsumsi dayanya lebih rendah daripada bohlam sehingga peluangnya menggantikan semakin besar.

LED dapat ditingkatkan intensitas cahaya yang dipancarkannya karena para peneliti membuat lubang-lubang mikroskopis di permukaannya. Proses pembuatan lubang-lubang mikroskopis ini disebut nano imprint litography.

"Sejauh ini, LED belum layak menjadi standar alat penerangan di rumah-rumah karena proses pembuatan lubang-lubang tersebut sangat mahal dan boros waktu," ujar Dr. Faiz Rahman, ketua peneliti dalam proyek yang disokong Institut Fotonik Universitas Strathclyde.

Meskipun demikian, timnya sudah menemukan cara pencetakan miliaran lubang ke banyak LED dengan kecepatan tinggi dan biaya murah. "Artinya, masa pakai bolam akan segera berakhir," ujarnya.

Sumber : Kompas (8 Januari 2008)


1 komentar:

yitnoku said...

Kapan pastinya dapat kifa gunakan mas...?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com